PRAKTIK BAIK SDN MAKASAR 02 PAGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN

By Rara Heningratri 15 Sep 2022, 14:07:09 WIB Prestasi
PRAKTIK BAIK SDN MAKASAR 02  PAGI PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN

I.                     RINGKASAN

SDN MAKASAR 02 Pagi beralamat di Jalan Kerja Bakti RT 001 RW 002, Kec. Makasar, Jakarta Timur. Sekolah ini berada dalam satu komplek dengan 3 sekolah lain yaitu SDN Makasar 01 dan 03.  Sejak 2021 menjadi sekolah penggerak akan tetapi belum memperkenalkan atau mensosialisasikan kepada warga sekitar terutama orang tua peserta didik. Saat itu, terpikir bagaimana cara memperkenalkan bagaimana cara mengenalkan kepada orang tua peserta didik dengan cara yang unik karena dalam kondisi pandemic Covid-19. Kemudian kami mengadakan lomba senam kreasi profil pelajar pancsila dengan mempertimbangkan prokes. Dengan terbatasnya protocol kesehatan, maka diadakan melalui media social yaitu YouTube streaming. Siswa kelas 1-6 menciptakan suatu senam kreasi profil pelajar pancsila yang dinilai oleh dewan juri dengan memilih juara terbaik dan kepada orang tua serta masyarakat dapat melihat melalui YouTube SDN Makasar 02 Pagi berdasarkan viewers dan like pada channel Youtube diambilah juara favorit. Orang tua sangat antusias dengan lomba ini dibuktikan dengan ribuan viewers dan like pada kelas masing-masing. Inilah awal kita menggandeng orang tua dan berkolaborasi dalam setiap program sekolah terutama Project profil pelajar Pancasila yang akan dilaksanakan setiap semester.

Pembelajaran project profil Pancasila meupakan ciri khas dari implementasi kurikulum merdeka. Project-project yang diadakan di SDN Makasar 02 kelas 1 dan 4 akan dilaporkan dalam bentuk tertulis maupun produk. Hal ini menginspirasi untuk kelas lain agar melakukan project penulisan baik dalam bentuk sastra maupun cerita dan akan menjadi praktik baik bagi peserta didik karena akan menghasilkan buku sederhana dan akan menjadi dokumen di perpustakaan yang dibaca oleh peserta didik yang lain. Ini juga akan menjadi inspirasi dan motivasi bagi peserta didik yang membaca untuk menulis karya yang akan menjadi dokumen di perpustakaan seperti peserta didik lainnya.

Baca Lainnya :

Ini adalah awal dari bentuk kolaborasi dan menggalang partisipasi orang tua terhadap program sekolah yang lain hingga saat ini selalu menggandeng dan melibatkan dukungan orang tua.

 

II.                   LATAR BELAKANG

Perpustakaan di sekolah hendaknya menjadi sumber belajar bagi peserta didik baik dalam bentuk bacaan tertulis maupun digital. Perpustakaan yang ideal adalah perpustakaan yang mampu melakukan pendekatan kepada peserta didik untuk membangkitkan potensi membaca dan literasi secara langsung dan digital. Pendekatan ini disesuaikan dengan kegemaran, hobi, kesenangan, dan kebiasaan peserta didik melalui pembiasaan literasi setiap hari. Di SDN Makasar 02 Pagi perpustakaan masih belum bisa beroperasi secara maksimal dan belum menarik peserta didik untuk membaca ataupun meminjam buku-buku yang ada di perpustakaan. Siswa cenderung tertarik kepada pojok baca dikelas masing-masing, hal ini tentu belum bias membuat mereka mengembangkan literasi secara menyeluruh hanya ada 1 atau 2 peserta didik saja yang rajin menggunakan pojok baca maupun perpustakaan. Sebab lain adalah kurangnya buku bacaan yang beragam, supaya peserta didik tertarik perlu dikembangkan dengan menyiapkan perangkat bacaan yang dekat dengan peserta didik tentu hal ini melalui karya yang dibuat sendiri. 

 

III.                 PELAKSANAAN DAN PENCAPAIAN

Pada tahun 2021 kelas 1 dan 4 mengadakan project sebagai berikut :

·         Kelas 1 semester I

Tema Project             : Perubahan Iklim Global

Judul Project              : Menanam kacang tanah

·         Kelas 1 semester II

Tema Project             : Kearifan Lokal

Judul Project              : Membuat buku cerita metamorphosis kupu-kupu

·         Kelas 4 semester I

Tema Project             : Gaya Hidup Berkelanjutan

Judul Projrct               : Kebiasaan positif di rumah

·         Kelas 4 semester II

Tema Poject               : Kearifan Lokal

Judul Project              : Membuat batik

Teknik pelaksanaannya dilaporkan siswa setiap minggu dalam bentuk narasi oleh kelompoknya masing-masing. Laporan-laporan yang ditulis siswa dirangkum menjadi buku sederhana yang akan mengisi perpustakaan sekolah. Inilah yang menarik bagi peserta didik lain untuk membacanya karena mereka juga akan membuat laporan ini pada saat melaksanakan project. Ini juga menginsipirasi bagi guru untuk memberi kesempatan kepada peserta didik menuliskan karya nya dalam bentuk puisi maupun cerita kemudian dikumpulkan menjadi satu buku karya kelas dan akan dimasukkan ke dalam dokumen perpustakaan sehingga mereka merasa bangga dan termotivasi karena karyanya dibaca oleh peserta didik lain. Kelas akan berlomba-lomba untuk membuat satu buku yang akan menjadi dokumen perpustakaan. Sebelum masuk ke perpustakaan tulisan-tulisan itu akan diedit oleh tim editor yang terdiri dari, guru dan peserta didik yang terpilih. Untuk sementara ini baru hasil project di tahun 2021 yang mengisi dokumen perpustakaan.

 

IV.                PEMBELAJARAN

Banyak hal yang bias dipetik dari praktik ini, antara lain adalah mengembangkan literasi peserta didik, menumbuhkan sikap kolaborasi guru dan orang tua, antar orang tua, antar peserta didik, memotivasi guru dan peserta didik untuk menulis, mengembangkan perpustakaan dan banyak lagi yang bias dipetik dari praktik baik ini.

Semoga praktik baik ini menjadi inspirasi bagi sekolah lain dalam mengembangkan kreatifitas peserta didik dan menjalin kolaborasi antara sekolah dan orang tua serta masyarakat sekitar.


Penulis,

SRI ASIH, M.Pd

Kepala Sekolah Penggerak Angkatan I Tahun 2021.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment